PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI BANGUN RUANG BALOK DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 4 MAGETAN

RARA TRIA AJENGSARI

Abstract


Model pembelajaran yang dikembangkan oleh Slavin salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Indivdualization (TAI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).


Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Magetan tahun ajaran 2013/2014. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyusunan laporan.


Hasil penelitian menjelaskan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk tingkat kemampuan baik dengan skor 3,25; aktivitas siswa dalam pembelajaran yang paling banyak dilakukan adalah menyelesaikan masalah/ menemukan cara dan jawaban masalah sebesar 41,56% dan aktivitas yang paling sedikit dilakukan adalah perilaku yang tidak sesuai dengan proses pembelajaran sebesar 2,19%; hasil belajar siswa yaitu tuntas sebesar 82,35%; dan respon siswa adalah positif sebesar 91,57%.


Kata kunci : Kooperatif, TAI, bangun ruang balok.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.