KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI TIPE  KEPRIBADIAN EKSTROVER-INTROVER

RATNA DEVI SUSANTI

Abstract


Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran saintifik. Pada pembelajaran matematika, langkah-langkah pendekatan saintifik salah satunya dengan memodelkan soal cerita ke dalam bentuk matematika. Dalam penyelesaian soal cerita tidak hanya memperhatikan jawaban akhir, tetapi juga proses penyelesaian harus diperhatikan. Pada saat siswa menyelesaikan soal cerita, terjadi proses berpikir sehingga samapai pada suatu penyelesaian. Setiap siswa dimungkinkan mempunyai cara berpikir yang berbeda sebagai akibat dari perbedaan sifat atau kepribadian yang dimiliki setiap individu. Hal tersebut membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kepribadian ekstrover- introver.


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti melaksanakan penelitian di kelas VIII-C SMP Negeri 26 Surabaya semester genap tahun ajaran 2013-2014. Langkah awal dalam penelitian ini adalah memberikan tes kepribadian kepada seluruh siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 26 Surabaya yang bertujuan untuk memilih 2 siswa yang akan menjadi subjek penelitian, yaitu 1 siswa berkepribadian ekstrover, dan 1 siswa yang berkepribadian introver. Kedua siswa yang terpilih mengerjakan soal tes untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil tes dan hasil wawancara.


Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa setiap tipe kepribadian cenderung memiliki ciri tersendiri pada setiap langkah dalam menyelesaikan soal cerita. Pada tahap memahami, kedua subjek dapat menceritakan kembali apa yang diketahui, dan ditanyakan dalam soal dengan kalimat sendiri. Dalam merencanakan penyelesaian, masing-masing subjek mempunyai strategi yang berbeda. Sedangkan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali penyelesaian, kedua subjek mengaitkan penyelesaian yang diperoleh dengan persamaan yang diketahui pada soal.


 


Kata Kunci: kemampuan siswa,  kepribadian ekstrover, kepribadian introver


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.