PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP KATOLIK ANGELUS CUSTOS 1 SURABAYA

REGINA WIDI DEWANTI

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya. Berdasarkan pernyataan tersebut, peran guru sangatlah dibutuhkan dalam menciptakan pembelajaran yang tepat. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai agar kualitas pembelajaran menjadi optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan permainan monopoli. Melalui model pembelajaran ini, siswa menjadi mampu berperan aktif karena dalam TGT terdapat permainan yang merupakan salah media pembelajaran yang sangat disukai oleh siswa.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan monopoli pada materi prisma dan limas kelas VIII SMP Katolik Angelus Custos 1 Surabaya. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu guru dan siswa kelas VIII-A SMP Katolik Angelus Custos 1 Surabaya tahun ajaran 2013 – 2014. Dua kelompok belajar yang beranggotakan masing – masing kelompok 5 orang yang dipilih secara acak sebagai subyek pengamatan aktivitas siswa. Adapun rancangan penelitian yang digunakan, yaitu one – shot case study yang dilaksanakan selama dua pertemuan untuk pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan monopoli dan satu pertemuan untuk ter hasil belajar dan respon siswa.


Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) kemampuan guru mengelola kelas secara keseluruhan secara baik; (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan, terlihat dari pertemuan pertama memperoleh skor 84,1 dan pertemuan kedua memperoleh skor 86,3; (3) nilai rata – rata hasil belajar siswa, yaitu 80,71; (4) respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan monopoli adalah positif.


 


KATA KUNCI: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan Permainan Monopoli


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.