PROFIL PESERTA DIDIK SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

RICHA ALFIATUN RAMADZANI BM

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa soal cerita merupakan soal yang rumit. Untuk mengajarkan soal cerita kepada peserta didik diperlukan informasi tentang cara peserta didik dengan kemampuan matematika yang berbeda dalam menyelesaikan soal cerita, sebab peserta didik dengan kemampuan matematika berbeda tentunya akan mengalami kesulitan yang berbeda pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil peserta didik SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematikanya.


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelas VII-4 SMP Negeri 1 Dawarblandong tahun ajaran 2013-2014. Subjek penelitian terdiri dari satu peserta didik dengan  kemampuan matematika tinggi (ST), satu peserta didik dengan  kemampuan matematika sedang (SS), dan satu peserta didik dengan  kemampuan matematika rendah (SR). Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri, dan instrumen  pendukung yaitu tes penyelesaian soal cerita matematika materi pecahan, dan pedoman wawancara.


Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) dengan sekali membaca soal peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi dapat memahami soal, membuat model matematika sesuai rencana penyelesaian, menyelesaikan model berdasarkan pengetahuannya dan menentukan jawaban akhir soal berdasarkan perhitungan sebelumnya; (2) peserta didik dengan kemampuan matematika sedang memahami   soal dengan membaca soal sebanyak tiga kali, membuat model matematika berdasarkan rencana penyelesaian tetapi  pada model terdapat variabel yang diganti dengan angka, menyelesaikan model berdasarkan pengetahuannya tetapi kurang teliti, dan menentukan jawaban akhir soal  berdasarkan perhitungannya; (3) peserta didik dengan kemampuan matematika rendah membaca soal sebanyak tiga kali tetapi belum memahami soal, membuat model matematika berdasarkan pemahaman dan perencanaannya, menyelesaikan model berdasarkan pengetahuannya, dan menentukan jawaban akhir soal berdasarkan perhitungannya.


Kata kunci: profil, soal cerita, penyelesaian soal cerita,pecahan, kemampuan matematika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.