IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST)

SITI NUR AINI

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan berpikir. Salah satunya yaitu keterampilan berpikir kreatif. Setiap individu pada dasarnya memiliki potensi kreatif dan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan sehingga guru perlu mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa yaitu dengan pemberian Multiple Solution Task (MST). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi fungsi kuadrat menggunakan Multiple Solution Task (MST).


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Krian tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu lembar tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil tes pemecahan masalah dianalisis menggunakan scoring scheme dan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) yang terdiri dari TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3 (kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), dan TKBK 0 (tidak kreatif).


Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada siswa (0%) yang termasuk dalam TKBK 4 (sangat kreatif); 7 siswa (21.875%) yang termasuk dalam TKBK 3 (kreatif) dengan karakteristik memenuhi kefasihan dan fleksibilitas; 6 siswa (18.75%) yang termasuk dalam TKBK 2 (cukup kreatif) dengan karakteristik memenuhi fleksibilitas; tidak ada siswa (0%) yang termasuk dalam TKBK 1 (kurang kreatif); dan 19 siswa (59.375%) yang termasuk dalam TKBK 0 (tidak kreatif).


Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif, Pemecahan masalah matematika, Fungsi Kuadrat, Multiple Solution Task (MST).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.