PROFIL KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DAN LINGUISTIK SISWA KELAS VII SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

YANTI EKASARI

Abstract


Kecerdasan yang beragam menentukan kreativitas berpikir seorang siswa. Kecerdasan dengan daya analisis yang baik dalam memecahkan masalah disebut kecerdasan logika matematika. Kecerdasan itu meliputi  proses analisis masalah dan usaha menemukan keterkaitan antara informasi dengan pengetahuan matematika sebelumnya. Sedangkan, kemampuan menulis dan berbicara dengan tata bahasa dan kalimat yang benar untuk menjelaskan solusi matematika disebut kecerdasan linguistik. Kedua kecerdasan ini berperan dalam proses pemecahan masalah Persamaan Linear Satu Variabel oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kecerdasan logika matematika dan linguistik siswa kelas VII SMP dalam pemecahan masalah PLSV ditinjau dari perbedaan jenis kelamin, sehingga dapat diidentifikasi bagaimana profil kecerdasan logika matematika dan linguistik siswa laki-laki dan perempuan kelas VII SMP.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP GIKI 2 Surabaya tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari tes pemecahan masalah Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh melalui hasil tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara akan dianalisis berdasarkan indikator kecerdasan logika matematika dan linguistik.


Hasil penelitian menunjukkan profil kecerdasan logika matematika dan linguistik siswa perempuan dan laki-laki cenderung sama, dengan rincian yaitu seluruh indikator kecerdasan linguistik tampak pada dua penyelesaian masalah oleh siswa perempuan dan laki-laki, sedangkan dua indikator kecerdasan logika matematika tidak tampak pada dua penyelesaian masalah oleh siswa perempuan dan laki-laki, yaitu kesistematisan jawaban, dan alternatif jawaban. Indikator yang berhubungan dengan simbol abstrak, ketelitian penyelesaian masalah, dan kesimpulan hanya tampak pada salah satu penyelesaian masalah oleh satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki.


Kata Kunci: kecerdasan logika matematika, kecerdasan linguistik, pemecahan masalah, Persamaan Linear Satu Variabel, laki-laki, perempuan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.