PEMBELAJARAN YANG MELIBATKAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 1 GEMPOL PASURUAN

ELINA WARDATUL ISTIQOMAH

Abstract


Semua pelajaran terasa mudah dan menyenangkan tak terkecuali pada pelajaran matematika apabila gaya mengajar guru sesuai dengan gaya belajar siswa. Satu diantara materi matematika untuk siswa kelas VII SMP yakni statistika. Materi statistika dapat disesuaikan dengan 6 dari 8 jenis kategori kecerdasan dalam multiple intelligences, yaitu: kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan naturalis.


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang (1) pengelolaan kelas (2) aktivitas belajar (3) hasil belajar dan (4) hasil penilaian diri (self-assessment) siswa kelas VII-J pada pembelajaran yang melibatkan multiple intelligences materi statistika  di SMP Negeri 1 Gempol.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola kelas, guru melakukan hal berikut: (1) bersikap tanggap untuk mengundang dan melibatkan siswa dalam interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa serta mencegah meluasnya penyimpangan tingkah laku; (2) membagi perhatian untuk mencegah kemungkinan munculnya gangguan siswa serta menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif; (3) memusatkan perhatian kelompok yakni memusatkan perhatian dan melibatkan siswa untuk melakukan tugas secara berkelompok atau bekerjasama; (4) menuntut tanggung jawab siswa untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal; dan (5) memberikan petunjuk yang jelas dengan mengomunikasikan aturan-aturan kelas untuk menekankan hal-hal yang postif dan menghindari pemusatan perhatian siswa pada hal-hal yang negatif. Multiple intelligences berhasil dilibatkan dalam pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari total persentase aktivitas belajar siswa yang melibatkan multiple intelligences  yakni sebesar 75,16%. Hasil belajar siswa kelas VII-J setelah pembelajaran tuntas dengan persentase 86,36%. Melalui penilaian diri (self-assessment) siswa dapat diketahui: 97,67% siswa termotivasi mempelajari matematika berkat kegiatan pembelajaran yang dilakukan; 95,35% siswa dapat merasakan manfaat mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari; 93,02% siswa menerima kesepakatan meskipun berbeda pendapat; 83,72% siswa bisa menahan diri ketika ada perbedaan pendapat; 76,74%  siswa senang dengan cara guru selama mengajar materi; 72,09% siswa senang dengan pembelajaran yang diterapkan selama ini; 53,48% siswa mengajukan pertanyaan pada saat kegiatan pembelajaran; 41,86% siswa memahami materi pembelajaran; 32,55% siswa mudah memahami materi pembelajaran dengan baik; 23,26% mengemukakan pendapat pada saat kegiatan pembelajaran; dan 16,27% siswa mampu menjelaskan materi yang diperoleh melalui diskusi kelompok.


Kata Kunci: pembelajaran, multiple intelligences, statistika.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.