PROFIL PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DI KELAS XI-IPA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

GRACE OLIVEA MAHARDIKA

Abstract


Setiap siswa mempunyai penalaran yang berbeda-beda dalam setiap pemecahan masalah. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui profil penalaran matematis siswa kelas XI IPA dalam memecahkan masalah trigonometri berdasarkan kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes penalaran matematika dengan menggunakan permasalahan trigonometri dan tes wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI-IPA 2 SMA Negeri 3 Jombang tahun ajaran 2013/2014 kepada 3 siswa terpilih. Hasil penelitian dari tiga siswa terpilih menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa kelas XI-IPA berkemampuan tinggi pada pemecahan masalah trigonometri memenuhi seluruh indikator penalaran yaitu: P­1, P2, P3, P4, dan P5 pada ketiga permasalahan yang diberikan. Penalaran matematis siswa kelas XI-IPA berkemampuan sedang pada pemecahan masalah trigonometri hanya pada soal kedua saja siswa tersebut memenuhi indikator penalaran P1, P2, P3, dan P4, sedangkan pada soal pertama dan ketiga siswa tersebut gagal memenuhi indikator penalaran P­2, yang berakibat gagal juga dalam memenuhi indikator P3, P4, dan P5. Penalaran matematis siswa kelas XI-IPA yang berkemampuan rendah pada pemecahan masalah trigonometri pada soal pertama dan kedua hanya memenuhi indikator penalaran P­1, sedangkan pada soal ketiga, siswa tersebut tidak memenuhi salah satu dari kelima indikator penalaran matematis


Kata Kunci: penalaran, pemecahan masalah, kemampuan matematika


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.