PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MATERI PELUANG

ISMAYA GHARINI

Abstract


Perkembangan teknologi mobile kini semakin maju dan banyak digunakan pelajar. Minat yang besar dalam penggunaan teknologi mobile dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dalam  matematika sehingga memungkinkan pembelajar untuk belajar matematika materi peluang kapanpun dan di manapun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan aplikasi mobile learning yang baik untuk materi peluang. Aplikasi mobile learning dikatakan baik apabila memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar siswa, angket respon siswa dan lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi aplikasi mobile learning, lembar validasi tes hasil belajar siswa dan lembar validasi angket respon siswa. Aplikasi mobile learning ini diujicobakan secara terbatas kepada dua belas siswa kelas VIII J SMPN 1 Mojokerto tahun ajaran  2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile learning yang dihasilkan termasuk ketegori baik. Aplikasi mobile learning memenuhi aspek kevalidan, ditunjukkan dengan nilai rata-rata total validitas aplikasi mobile learning oleh ahli media sebesar 3,16 (valid), aplikasi mobile learning oleh ahli materi sebesar 2,96 (valid), tes hasil belajar siswa sebesar 2,82 (valid), angket respon siswa sebesar 3,09 (valid). Aplikasi mobile learning memenuhi aspek kepraktisan, ditunjukkan dengan aplikasi mobile learning baik oleh ahli media dan materi, tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa dinyatakan dapat digunakan dengan sedikit revisi oleh seluruh validator serta kemampuan siswa dalam menggunakan aplikasi mobile learning termasuk dalam kategori sangat mampu dengan rata-rata persentase 96,33%. Aplikasi mobile learning memenuhi aspek keefektifan ditunjukkan dengan 91,67% siswa mendapat skor ≥ 2,66 sehingga masuk dalam kategori tuntas dalam tes hasil belajar dan respon siswa termasuk dalam kategori positif dengan persentase rata-rata jumlah respon siswa adalah 79,76%.


Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi mobile learning, materi peluang.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.