ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN

NUR FAJRINA NOVITASARI

Abstract


Matematika merupakan ilmu yang mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu. Salah satu tujuan matematika diberikan di SMP adalah mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Dalam belajar matematika masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah matematika, salah satunya pada materi garis singgung lingkaran. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menyelidiki letak, jenis, dan penyebab kesalahan siswa. Dengan begitu guru dapat membantu siswa untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukannya.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak, jenis, dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, serta menyusun sebuah strategi pembelajaran sebagai upaya meminimalkan kesalahan siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi guru mengenai kesalahan yang dilakukan siswa serta sebagai masukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam memecahkan masalah pada materi garis singgung lingkaran.


Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa kelas 8B SMP Negeri 5 Surabaya yang memiliki kesalahan terbanyak dalam menyelesaikan tes pemecahan masalah matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Data yang dihasilkan berupa deskripsi letak, jenis, dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah matematika pada materi garis singgung lingkaran. Analisis data tersebut menggunakan tahapan analisis data Miles dan Huberman.


Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi garis singgung lingkaran adalah: (1) salah dalam memahami soal, (2) salah dalam menyelesaikan soal, (3) salah dalam menuliskan jawaban akhir sesuai dengan permintaan soal. Sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan prinsip, (3) kesalahan perhitungan, dan (4) kesalahan lainnya. Selanjutnya, faktor penyebab kesalahan siswa antara lain: (1) tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui karena mengikuti cara guru dan buku paket dalam menuliskan apa yang diketahui, (2) kurang paham dengan permintaan soal, (3) kurang latihan, (4) kurang teliti, (5) lupa, (6) tidak dapat memberikan alasan mengenai langkah penyelesaian, (7) terburu-buru, dan (8) salah dalam menyelesaikan soal.


Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Analisis Kesalahan, Garis Singgung Lingkaran, dan SMP.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.