PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

SONDANG SEPTIARINI ARITONANG

Abstract


Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang tidak berpusat pada guru melainkan pada siswa, maka siswa dituntut untuk lebih aktif. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa didasari oleh teori konstruktivis. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi pada teori konstruktivis adalah metode pembelajaran two stay two stray. Selain itu, guru perlu melatih keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Jadi siswa tidak hanya menghafal rumus yang ada tetapi harus terbiasa melatih diri untuk memecahkan masalah. Satu di antara pendekatan-pendekatan pada pembelajaran yang dapat melatih kemampuan siswa memecahkan masalah adalah problem solving. Penelitian dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa terkait dengan penerapan metode two stay two stray dengan pendekatan problem solving. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-H SMP Negeri 21 Surabaya dan merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan oneshot-case study. Pengambilan data dilakukan selama dua kali pertemuan dimana satu kali pertemuan digunakan untuk menerapkan metode pembelajaran two stay two stray dengan pendekatan problem solving dan satu kali pertemuan digunakan untuk melaksanakan tes hasil belajar pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,45. (2) Selama proses pembelajaran, aktivitas yang dominan muncul baik pada siswa stay maupun siswa stray adalah memperhatikan penjelasan guru/teman. Di samping itu, aktivitas lain yang persentase kemunculannya terendah pada siswa stay adalah melaporkan tanggapan dari kelompok lain, sedangkan pada siswa stray adalah menyampaikan pendapat/ide dan mengajukan pertanyaan. (3) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar dalam aspek pengetahuan sebesar 91,67% dan hasil belajar sikap dari 75% siswa termasuk dalam kategori baik.


Kata kunci: two stay two stray, problem solving, pengelolaan pembelajaran, aktivitas, hasil belajar.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.