ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBAHASA INGGRIS PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

TITIS NUR FITRIA

Abstract


Penggunaan bahasa Indonesia dan/atau bahasa Internasional (bilingual) dalam pembelajaran Matematika disyaratkan pada setiap RSBI. Hal ini juga terjadi di SMP Negeri 1 Blitar. Permasalahan muncul, karena setiap tahunnya banyak siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blitar yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel sehingga melakukan banyak kesalahan dalam menyelesaikan soal jenis tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak, jenis, dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Letak kesalahan yang didapatkan dalam penelitian ini meliputi kesalahan dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, membuat model, menyelesaikan model yang sesuai dengan apa yang diketahui dari soal, dan menuliskan jawaban akhir soal yang sesuai dengan permintaan soal.
Jenis kesalahan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kesalahan konsep, prinsip, fakta, dan operasi. Faktor penyebab kesalahan yang didapatkan dalam penelitian ini di antaranya (1)belum memahami soal dengan baik, (2)kesulitan dalam menentukan variabel, (3)bingung untuk memodelkan apa yang diketahui ke dalam model matematika yang sesuai dengan soal, dan (4)tergesa-gesa dalam mengerjakan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.