ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS II DAN III SD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN BILANGAN

MARETA WAHYU ARDYANI INTER

Abstract


Dalam kurikulum pendidikan nasional Indonesia untuk pelajaran matematika, materi barisan aritmetika pertama kali disampaikan secara formal di kelas IX SMP (pada usia sekitar 14 tahun), namun telah banyak dikenalkan secara informal dalam beberapa buku teks untuk kelas-kelas awal sekolah dasar.
Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas II dan III SD dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan materi barisan bilangan. Penelitian ini dilakukan terhadap 6 orang siswa kelas II dan III SD, masing-masing 3 orang dari kelas II SD dan 3 orang dari kelas III SD.
Hasil dari penelitian ini adalah deskripsi mengenai kemampuan siswa kelas II dan III SD dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan. Deskripsi tersebut menghasilkan: (1) Kemampuan siswa kelas II SD dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah barisan bilangan sangat baik, (2) Kemampuan siswa kelas II SD dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah barisan bilangan baik, (3) Kemampuan siswa kelas II SD dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah barisan bilangan cukup baik, (4) Kemampuan siswa kelas III SD dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah barisan bilangan sangat baik, (5) Kemampuan siswa kelas III SD dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah barisan bilangan baik, (6) Kemampuan siswa kelas III SD dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah barisan bilangan sangat baik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.