PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) KELAS X SMA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

PAMUJIARSO HIDAYAT EKO WIBOWO

Abstract


Scaffolding merupakan pemberian bantuan kepada siswa dalam proses pembelajaran, yang pada pelaksanaannya bantuan tersebut dikurangi sedikit demi sedikit hingga siswa siap dilepas untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Selama ini pembelajaran matematika terkesan kurang menyentuh dalam hal substansi pemecahan masalah. Siswa cenderung menghafalkan konsep-konsep matematika sehingga kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sangatlah kurang. Padahal dengan pemecahan masalah, siswa dapat mengembangkan proses berpikirnya. Oleh karena itu, Scaffolding hadir untuk membantu siswa dalam mengembangkan proses berpikirnya yang nantinya akan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, maupun tindakan dengan pemberian scaffolding untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Tuban semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 melibatkan 32  siswa yang difokuskan hanya 6 siswa sebagai subjek penelitian. Pemilihan subjek penelitiannya berdasarkan hasil Pre tes,  kemudian diambil 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah disertai dengan kemampuan komunikasi baik yang telah dikonsultasikan dengan guru kelas.


Hasil penelitian ini, di antaranya: (1) deskripsi pengelolaan pembelajaran dan kemampuan guru dalam memberikan scaffolding, (2) deskripsi aktivitas siswa selama pembelajaran dengan diberikan scaffolding, (3) deskripsi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang ditinjau dari pemberian Pre tes (Pre-scaffolding), LKS, dan pemberian Post tes (Pasca-scaffolding). 


 


Kata Kunci: Scaffolding, Higher Order Thinking Skills


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.