PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Rahma Febriyanti

Abstract


Setiap orang memiliki proses pemecahan masalah yang berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada laki-laki dan perempuan di bidang matematika. Pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus dimiliki semua orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika subjek dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian ini yaitu satu subjek laki-laki dan satu subjek perempuan yang memiliki kemampuan matematika sedang dengan skor 60 ≤ skor yang diperoleh < 80 dengan selisih maksimal 5 serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memahami masalah, membaca masalah yang diberikan satu kali, mengungkapkan masalah dengan mengubah letak kata pada kalimat dan tidak mengubah maksud dari masalah, menuliskan/mengungkapkan semua hal yang diketahui dalam bentuk kalimat, menuliskan/mengungkapkan semua hal yang ditanyakan pada bentuk kalimat, tidak menuliskan dan menyebutkan informasi lain; dalam merencanakan penyelesaian masalah, memisalkan hal yang tidak diketahui, Mencoba-coba untuk menemukan jawaban yang sesuai untuk menyelesaikan masalah, menggunakan rumus yang telah dipelajari sebelumnya; dalam melaksanakan rencana penyelesaian, subjek mengganti hal tidak diketahui dengan bilangan yang sesuai, menggunakan cara coba-coba untuk memperoleh bilangan yang sesuai, menuliskan jawaban secara langsung tanpa menyertakan perhitungan; dalam memeriksa kembali penyelesaian, subjek menghitung ulang jawaban berdasarkan masalah yang diberikan dan meneliti bilangan-bilangannya, menuliskan/mengungkapkan tafsiran jawaban yang diperoleh dalam sebuah kalimat secara tidak lengkap. Dalam memahami masalah, subjek perempuan membaca masalah yang diberikan lebih dari satu kali, mengungkapkan masalah sama seperti bentuk aslinya dan tidak  mengubah sama sekali, menuliskan hal yang diketahui pada sebagian masalah saja, tetapi subjek mengungkapkan semua hal yang diketahui, tidak menuliskan hal yang ditanyakan pada setiap masalah yang diberikan, tetapi subjek mengungkapkan semua hal yang ditanyakan, tidak menuliskan informasi apapun pada lembar kerja, tapi subjek menyebutkan sedikit informasi yang ada pada masalah; dalam merencanakan penyelesaian masalah, subjek perempuan mencoba-coba dan menggunakan metode eliminasi, menggunakan rumus yang telah dipelajari sebelumnya; dalam melaksanakan rencana penyelesaian, subjek perempuan menggunakan cara coba-coba dan menuliskan bilangan yang sesuai secara langsung tanpa menyertakan perhitungan, menggunakan  metode eliminasi untuk menyelesaikan masalah dan menuliskan secara sistematis; dalam memeriksa kembali, subjek perempuan memeriksa kembali jawaban dengan menghitung kembali dan mensubstitusikan jawaban yang diperoleh pada masalah yang diberikan, menuliskan/mengungkapkan tafsiran dari jawaban yang diperoleh secara lengkap.


Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita, Perbedaan Jenis Kelamin


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.