PENALARAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

RINA ELOK SISWANTI

Abstract


Penalaran merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah. Penalaran dalam memecahkan masalah perlu diperhatikan dalam pembelajaran matematika. Diduga terdapat perbedaan penalaran antara laki–laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Indikator penalaran dalam penelitian ini adalah menunjukkan pemahaman, mengajukan dan menguji dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan logis, dan memberikan bukti kebenaran hasil.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa kelas X-1 SMAN 1 Bangkalan tahun ajaran 2015/2016 yaitu satu siswa laki–laki dan satu siswa perempuan yang mempunyai kemampuan matematika setara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan pemberian tugas penalaran matematika dan metode wawancara. Uji keabsahan dengan triangulasi waktu yaitu pengumpulan data pertama dan kedua dilakukan di hari yang berbeda. Data dianalisis berdasarkan kegiatan yang mungkin muncul sesuai indikator penalaran di setiap langkah memecahkan masalah Polya.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki–laki menunjukkan semua kegiatan yang mungkin muncul sesuai indikator penalaran pada tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan melaksanakan rencana. Pada tahap memeriksa kembali, belum menyadari cara lain untuk memecahkan permasalahan. Siswa perempuan juga menunjukkan semua kegiatan yang mungkin muncul sesuai indikator penalaran pada tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan melaksanakan rencana. Pada tahap memeriksa kembali, belum menyadari cara lain untuk memecahkan permasalahan. Perbedaan keduanya lebih terletak pada strategi yang direncanakan untuk memecahkan permasalahan serta pelaksanakan rencana sesuai dengan strategi yang direncanakan masing–masing.


Kata kunci: penalaran, memecahkan masalah, jenis kelamin


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.