PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI BAGI SISWA KELAS VII SMP

Rizky Wahyu Indriyani

Abstract


Berdasarkan Permendikbud Nomor 103 tahun 2014, memecahkan masalah adalah satu di antara aspek yang harus dicapai dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika. Memecahkan masalah sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Jika diberi suatu masalah matematika, maka siswa diminta untuk bisa memecahkannya, sehingga siswa diharapkan mempunyai keterampilan dalam memecahkan masalah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah matematika adalah melalui penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran IDEAL Problem Solving pada materi keliling dan luas persegipanjang dan persegi di kelas VII SMP.


Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Kediri tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan subjek untuk aktivitas siswa  yaitu 4 siswa dari satu kelompok yang sama. Pemilihan kelompok dilakukan secara acak. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dilaksanakan selama tiga pertemuan. Dua pertemuan untuk menerapkan model pembelajaran IDEAL Problem Solving dan mengamati pengelolaan pembelajaran serta aktivitas siswa, sedangakan pertemuan ketiga digunakan untuk tes serta pengisian angket respons siswa.


Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru dikategorikan baik dengan skor 3,44; (2) siswa tergolong aktif selama pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 74,01%, aktivitas siswa yang paling dominan adalah berdiskusi menyelesaikan masalah sesuai dengan strategi yang telah dipilih; (3) skor rata-rata hasil belajar siswa 84,15; dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran IDEAL Problem Solving adalah positif.


Kata Kunci: IDEAL Problem Solving, Matematika, Persegipanjang dan persegi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.