Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Model TIMSS

ILDE ILKA JADE AZIS

Abstract


 



Abstrak


Pendidikan matematika di Indonesia masih berada diperingkat rendah. Berdasarkan data Trens in International Mathematics and Science Study (TIMSS), skor rata-rata prestasi matematika kelas 8 di Indonesia tahun 2011 menduduki peringkat 38 dari 42 negara. Fakta tersebut menjadi cambuk bagi Indonesia untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan menerapkan soal model TIMSS dapat menjadi salah satu cara agar siswa di Indonesia tidak tertinggal oleh siswa di negara lainnya. Aljabar dapat menjadi salah satu materi yang dapat mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal model TIMSS. Banyaknya simbol-simbol yang digunakan pada materi ini membuat siswa merasa bahwa materi aljabar sangat sulit untuk dipahami.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan faktor kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar model TIMSS. Penelitian ini dilakukan kepada 3 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 21 Surabaya yang diambil dari 27 siswa. Ketiga subjek penelitian dipilih berdasarkan banyaknya jenis kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal tes tulis yang diberikan.


Peneliti melakukan tes tulis pertama kepada 27 siswa untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal aljabar model TIMSS. Hasil dari tes pertama, peneliti memilih 3 subjek penelitian yang kemudian dilakukan tes kedua dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data terhadap 27 siswa, kesalahan dalam memahami soal sebanyak 33,33%, kesalahan dalam mentrasformasi soal sebanyak 63,21%, dan kesalahan dalam keterampilan menyelesaikan soal sebanyak 3,46%. Pada 3 subjek penelitian, kesalahan dalam memahami soal sebanyak 44,44%, kesalahan dalam mentrasformasi soal sebanyak 22,22%, dan kesalahan dalam keterampilan menyelesaikan soal sebanyak 33,34%.


Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Aljabar model TIMSS    


Abstract


Mathematics education in Indonesia is still on low ranking. According data Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), average mathematics score 8th grade in Indonesia in 2011 is on ranking 38 of 42 countries. The fact becomes encouragement for Indonesia to increase quality education in Indonesia. By applying problems model TIMSS can become one of ways for Indonesia students are not left behind by other countries students. Many symbols that is used in algebra make students think that this topic is too difficult to be understood.


This research goal was to describe the type and cause of students’ failure in solving algebraic problems model TIMSS. The research was conducted to 3 students Class VIII-B SMP Negeri 21 Surabaya chosen from 27 students. The three research subjects were chosen according the number of failures that was done in solving the given problems.


Researcher gave first test to 27 students for listing failures types that were done by students in solving algebraic problems model TIMSS. Result of first test, researcher chose 3 research subjects, and then researcher gave second test and interviewed the selected research subjects. Based on result of data analysis toward 27 students, percentage of failure to understand the given problems was 33,33%, failure to translate the given problems was 63,21%, and failure to solve the given problems was 3,46%.. In the three



 


research subjects, percentage of failure to understand the given problems was 44,44%, failure to translate the given problems was 22,22%, and failure to solve the given problems was 33,34%.


Keywords: Analysis Failure, Algebraic Problem Model TIMSS


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.