ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

SUSANTI

Abstract


Abstrak


Salah satu materi yang diajarkan di SMA adalah  program linear Permasalahan yang terkait dalam program linear merupakan materi yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Berdasarkan Laporan Hasil Ujian Nasional oleh Puspendik Balitbang Kemdikbud 2016 disebutkan bahwa presentase penguasaan materi soal matematika ujian nasional SMA AL-FALAH Surabaya dalam  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan program linear adalah 21,15%. Data tersebut menunjukkan masih terdapat siswa yang melakukan kesalahan pada materi program linear.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diupayakan suatu analisis terhadap kesalahan-kesalahan tersebut.Analisis ini meliputi kesalahan dan faktor penyebab kesalahannya.Oleh karena itu, untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyekesaikan soal cerita program linear digunakan tahapan Newman.Tahapan Newman terdiri dari tahapan membaca soal, memahami soal, transformasi soal, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasakan tahapan Newman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini sebanyak tiga siswa yang dipilih dari siswa kelas XI IIS 1 SMA AL-FALAH Ketintang Surabaya.Mereka dipilih berdasarkan pada subjek yang melakukan kesalahan terbanyak dan variasi kesalahan, serta pertimbangan dari guru kelas sehingga subjek yang dipilih adalah subjek yang mampu berkomunikasi dengan baik.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes tulis dan metode wawancara.


Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang dilakukan, yaitu (1) kesalahan membaca soal, (2) kesalahan memahami soal, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan menuliskan jawaban akhir.Namun yang paling dominan adalah kesalahan dalam penulisan jawaban akhir.Siswa menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan konteks soal. Penyebab kesalahan yang paling dominan yaitu siswa terbiasa menyelesaikan soal tanpa mengembalikan jawaban model menjadi jawaban permasalahan


 


Kata Kunci: Analisis kesalahan, Soal Cerita Program linear, Newman


Abstract


One of the mathematics material in Senior High School is linear programming. Problem which related with linear programming is the materials are provided in the word problem. Based on the result of national test of  Puspendik Balitbang Kemdikbud 2016 was mentioned that the mastery of mathematics percentage on national test of Al-Falah Senior High School in problem solving about linear programming is 21,15%. It showed that there were students which did error in linear programming. To solve these problems, it was necessary to  analyse these errors. This analysis were students’ error, and the causes of that students’ error. Therefore, to analysis of students’ error in problem solving using Newman Analysis stage. The stages of Newman analysis stages were reading, comprehension, transformation, process skill and encoding.


The purpose of the research was describing the students’ error, and the cause of that students’ error in mathematic problem solving based on Newman stages on linear programming. This research was descriptive qualitative research. The subjects of research were three students that were selected from grade XI of AL-FALAH Senior High School. They have been choosen based on the subjects who had many errors and various kinds of error also the consideration from the teacher so that the subjects were chosen can comminucate well. The method of data collection were test and interview method.


The result of the research showed the error were (1) error of reading problem, (2) error of understanding problem, (3) error of transformation problem, (4) error of process skill, and (5) error in giving the final result. But the most error is writing the final answer.


Keywords: Error Analysis, Linear Programming Test, Newman


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.