ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN SERTA UPAYA UNTUK MENGATASINYA MENGGUNAKAN SCAFFOLDING

ANIK MEGA PUTRI bm

Abstract


Abstrak


Tujuan diberikannya matematika di sekolah yaitu untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Kemampuan tersebut dapat dilihat melalui soal cerita. Soal cerita matematika merupakan soal matematika yang diuraikan ke dalam bentuk cerita sesuai konteks kehidupan nyata. Dalam menyelesaikan soal cerita tidak jarang dijumpai kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Kesulitan biasanya ditandai dengan adanya hambatan yang dialami siswa. Hambatan ini biasanya berupa siswa melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal. Hal ini merupakan tanda bahwa siswa sedang berada dalam Zone of Proximal Development (ZPD)nya. Oleh sebab itu, ketika siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sebaiknya diberikan bantuan berupa bimbingan oleh seseorang yang lebih kompeten agar siswa tidak melakukan kesalahan lagi. Pemberian bantuan yang didasarkan pada teori Vygotsky ini sering disebut juga sebagai scaffolding.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 32 Surabaya tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa yang memiliki jumlah kesalahan terbanyak dan bervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dengan pemberian tes diagnostik dan metode wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator kesalahan berdasarkan tahapan  Newman dalam  menyelesaikan soal cerita.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahap memahami (comprehenssion), transformasi (transformation) dan pada tahap keterampilan proses (process skill). Kesalahan yang dilakukan siswa yaitu dalam membuat pemodelan dan kurang teliti dalam melakukan perhitungan. Bentuk scaffolding yang diberikan pada siswa saat melakukan kesalahan pada tahap membaca (comprhenssion) yaitu mengulas kembali  (reviewing). Kesalahan pada tahap transformasi (transformation), bentuk scaffolding yang diberikan  yaitu mengulas kembali (reviewing), membagun pemahaman ulang (restructuring) dan membangun konsep (developing conceptual). Sedangkan pada tahapan keterampilan proses (process skill) bantuan scaffolding yang diberikan yaitu berupa mengulas kembali (reviewing) dan membangun ulang pemahaman (restructuring).


Kata Kunci: Analisis kesalahan, Newman, Scaffolding, Soal Cerita.


 


Abstract


One of purposes given mathematics teaching is to develop students ability in solving problem. Students ability in solving problem could be seen by mathematics word problem. Mathematics word problem is math problem which is written in real life story. In solving word problem are not rare the difficulties faced by the students. The difficulty is usually characterized by the presence of barriers that prevent students. These barriers are usually in the form of mistakes made by students in solving problems. Thus shown that students are in the Zone of Proximal Development (ZPD). Therefore, when students make mistakes in solving word problem should be given assistance in the form of guidance by someone more competent so that students do not  make another mistake. The provision of assistance based on Vygotsky’s theory is often called as scaffolding.


This research was a qualitative descriptive research implemented in the nine grade of SMP Negeri 32 Surabaya of the school year 2016/2017. Subjects in this study consisted of three students who have the greatest number of errors and varied. Data collection method used is the method of testing by providing diagnostic tests and interview method. Data were analyzed by Newman error indicator based on stage in solving word problem.


The results showed that students make mistakes at the stage of comprehenssion (C), transformation (T) and on-stage process skills (P). The mistake is created at mathematical model and careless in calculation . Then, the appropriate scaffolding to overcome those mistakes at the stage of transformation (transformation) is explaining, reviewing, restructuring and developing conceptual. While at the stage of the process skills (process skill), scaffolding given in the form of reviewing and restructuring.


Keywords: Error analysis, Newman stage, Scaffolding, Word Problem.  



 


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.