PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TINGKAT KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA

NOVIA ENDAH NING TYAS

Abstract


Abstrak


Pada proses pembelajaran matematika, siswa mempelajari konsep-konsep yang saling berkaitan. Bila satu konsep tidak dipahami dengan baik, maka hal ini akan berpengaruh pada pemahaman konsep selanjutnya. Salah satu konsep dasar dalam pembelajaran matematika adalah bilangan bulat. Jika siswa memiliki pemahaman konsep yang rendah pada materi bilangan bulat, maka ada kemungkinan siswa memberikan pengertian sendiri tentang konsep yang ada pada materi bilangan bulat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi adalah ide yang salah tentang suatu konsep yang dimiliki oleh seseorang, yang berbeda dengan konsep yang dianggap benar oleh para ahli.


Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 43 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemudian mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa Kelas VII pada materi bilangan bulat. Miskonsepsi siswa diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan hasil tes tulis dengan metode CRI (Certainty of Response Index) dan hasil wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga siswa yang mengalami miskonsepsi paling banyak dengan rincian 1 subjek dengan tingkat kecerdasan logis-matematis tinggi, 1 subjek dengan tingkat kecerdasan logis-matematis sedang, dan 1 subjek dengan tingkat kecerdasan logis-matematis rendah.


Berdasarkan hasil penelitian, miskonsepsi terjadi pada ketiga subjek yang memiliki tingkat kecerdasan logis-matematis berbeda. Siswa dengan tingkat kecerdasan logis-matematis tinggi mengalami miskonsepsi pada konsep pembagian bilangan bulat dengan bilangan 0 dan konsep akar kuadrat bilangan bulat. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang mengalami miskonsepsi pada konsep pembagian bilangan bulat dengan bilangan 0, konsep akar kuadrat bilangan bulat, konsep pengurangan bilangan bulat, dan konsep perpangkatan bilangan bulat. Sedangkan siswa dengan tingkat kecerdasan logis-matematis rendah mengalami miskonsepsi pada konsep pembagian bilangan bulat dengan bilangan 0, konsep akar kuadrat bilangan bulat, konsep pengurangan bilangan bulat, konsep perpangkatan bilangan bulat, dan konsep operasi hitung campuran bilangan bulat.


Kata Kunci: Miskonsepsi, materi bilangan bulat, kecerdasan logis-matematis.


 


Abstract


In the process of learning mathematics, students learnt concepts that are related. If the previous concept were not well understood, then this would affect their understanding of the next concept. One of the basic concepts in learning mathematics was integers. If the students had low understanding about the concepts of integers, then they could possibly give their own understanding of the concepts. This leads to misconceptions. A misconception is an incorrect idea about a concept possessed personally by students, in contrast to a true concept deemed by experts.


This research was a qualitative descriptive. The research was conducted in the SMP Negeri 43 Surabaya. This research aimed to identify and describe students’ misconceptions profile on seventh grade in integers. The students’ misconceptions were identified and analyzed based on written test results by CRI (Certainty of Response Index) method and interview results. The subjects in this research were three students who experienced misconception at most by the details of 1 subject with high logical-mathematical intelligence level, 1 subject with moderate logical-mathematical level, and 1 subject with low logical-mathematical intelligence level.


The results of the research indicated that misconception occurred in those three subjects who had different logical-mathematical intelligence levels. Students with high logical-mathematical intelligence had misconception on the concept of division in integers by the number 0 and the concept of the roots of integers quadratic. Students with moderate logical-mathematical intelligence had misconception on theconcept of division in integers by the number 0, the concept of the roots of integers quadratic, the concept of integer subtraction, and the concept of powers of number in integers. While students with low logical-mathematical intelligence had misconception theconcept of division in integers by the number 0, the concept of the roots of integers quadratic, the concept of integer subtraction, the concept of powers of number in integers and the concept of the operation of mixed integers.


Keywords: Misconception, integers, logical-mathematical intelligence.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.