PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR PADA MATERI KERUCUT PADA SISWA KELAS IX SMP

ANNA FINA IFFANA

Abstract


Abstrak


Pada kenyataannya, dibeberapa sekolah dalam pembelajaran matematika masih didominasi oleh aktivitas latihan-latihan. Akibatnya siswa cenderung sulit dalam memecahkan masalah, jika permasalahan tersebut sedikit diubah dengan konteks yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yaitu model pembelajaran IKRAR.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respons siswa menggunakan model pembelajaran IKRAR pada materi kerucut kelas IX SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One-Shot Case Study”.


Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: (1) skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh nilai sebesar 3,15 dengan kategori baik; (2) aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran termasuk ke dalam kategori aktif dalam pembelajaran; (3) hasil belajar siswa dikatakan tuntas belajar dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 78,13; dan (4) respons siswa memperoleh respons positif.


Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran IKRAR, Pemecahan Masalah.


 


Abstract


In fact, mathematics learning practice in school still dominated by exercise activity. As a result, students are found difficulty when tried to solve problem with different context.  One of many strategies to improving problem solving skill in mathematics is  IKRAR learning model.


The porpose of research is to describe teacher ability to manage learning acivity, student’s activity, student’s achievement, and student’s response when using IKRAR model learning in cone material on 9th class Junior High School. This research design is “One-Shoot Case Study ”, it was held for three meetings.


The result showed : (1) the average score of teacher ability in managing learning get value equal to 3,15 with good category; (2) students’ activities during the learning activities is categorized active; (3)students learning outcome are said to be thoroughly studied with mastery by classical is 78,13; and (4) students’ questionnaire response is catagorized positively.


Keywords: Mathematics Learning, IKRAR Learning Model, Problem Solving.  



 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.