PROFIL PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI SISWA SMP KELAS VIII DITINJAU BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER

MOHAMAD FAJAR THOVRNEE

Abstract


Abstrak


Manusia yang selalu dihadapkan pada masalah dalam hidupnya, sangat membutuhkan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah merupakan aspek yang sangat penting. Pemecahan masalah yang dilakukan setiap orang berbeda-beda, salah satunya ditinjau berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang tujuannya mendeskripsikan profil pemecahan masalah geometri siswa SMP yang ditinjau berdasarkan perbedaan gender.


Ada dua siswa kelas VIII yang menjadi subjek dalam penelitian ini, yakni seorang siswa laki-laki (SL) dan seorang siswa perempuan (SP) berkemampuan matematika tinggi dengan 80 ≤ skor tes kemampuan matematika ≤ 100 dan memiliki selisih skor maksimal 5, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kemampuan matematika, lembar tes pemecahan masalah geometri, dan pedoman wawancara. Hasil tes pemecahan masalah geometri dianalisis menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) SL dalam memahami masalah mampu menceritakan kembali permasalahan, menyebutkan yang diketahui dan ditanyakan, namun tidak menuliskannya di lembar jawaban; dalam merencanakan pemecahan masalah, SL menyebutkan semua data dan informasi di soal sudah cukup untuk merencanakan pemecahan masalah, mampu menjelaskan apa yang akan dilakukan dalam memecahkan masalah; dalam melaksanakan pemecahan masalah, SL memecahkan masalah sesuai dengan rencana yang telah disusun, menjelaskan langkah-langkah yang digunakan dalam memecahkan masalah dan belum menemukan jawaban yang benar; dalam memeriksa kembali hasil yang diperoleh, SL kurang teliti dan kurang memahami soal; (2) dalam memahami masalah, SP menceritakan kembali permasalahan dengan menggunakan bahasanya sendiri, menyebutkan yang diketahui dan ditanyakan, namun tidak menuliskannya di lembar jawaban; dalam merencanakan pemecahan masalah, SP menyebutkan semua informasi dan data pada soal sudah cukup untuk merencanakan pemecahan masalah, menjelaskan langkah-langkah yang akan digunakan dalam pemecahan masalah; dalam melaksanakan pemecahan masalah, SP memecahkan masalah sesuai rencana yang telah disusun, menjelaskan langkah-langkah yang digunakan dalam memecahkan masalah dan sudah mendapatkan jawaban yang benar; dalam memeriksa kembali hasil yang diperoleh, SP sangat teliti dan telah memahami soal.


Kata Kunci: profil, pemecahan masalah, geometri, gender


 


Abstract


The people who always faced with problems in his life is required the problem solving. In mathematics, an ability to solve problems is important aspect. Each people has different problem solving ability, one of them based on gender differences. This research is descriptive research which aims to describe the profile of geometry problem solving junior high school student were reviewed based on gender differences.


There are two 8th grade students who became the subject of this research, they are a male student (SL) and a female student (SP) with a high mathematics ability whose score of math skill test is between 80 and 100 has maximal difference score is 5 and have good communication. The instrument of this research are math skill test sheet, geometry problem solving test sheet, and interview guides. The results of geometry problem solving test were analyzed using the Polya’s steps of problem solving.


The results of this research were (1) in understanding of problems, SL retelled this problem, mentioned the known and asked from the problem but didn’t write it on the answer sheet; in planning for problem solving, SL mentioned all of data and information in the question was enough to plan the problem solving, and explained what will do to solve the problem; in solving the problem, SL solved the problem according to the plan has been prepared, and explained the steps used in solving problem but he didn’t found the correct answer; in review the solution, SL less acurated and less understanding about the question; (2) in understanding of problem, SP retelled the problem using her own language and mentioned the known and asked of the problem but doesn’t write it on the answer sheet; in planning for problem solving, SP mentioned all of data and information in the question was enough to plan the problem solving, and explained what will do to solve the problem; in solving the problem, SP solved the problem according to the plan has been prepared, explained the steps used in solving problem and found the correct answer; in review the solution, SP was very carefully and had understood of the problem.


Keywords: content, formatting, article.  



 


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.