PROFIL KEMAMPUAN  KONEKSI MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

HAMMADAH IFFIH AWOT SARI MAENDA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan koneksi matematika dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu tinggi, sedang dan rendah ditinjau dari kemampuan matematika.


Kemampuan koneksi matematika dideskripsikan melalui hasil dari tes kemampuan matematika, tes koneksi matematika. Tes kemampuan koneksi matematika dimodifikasi dari tes UNAS tahun pelajaran 2014. Hasil pendeskripsian profil kemampuan koneksi matematika berupa lembar tes kemampuan matematika, tes koneksi matematika, dan lembar jawaban subjek.


Dari analisis data, subjek koneksi matematika berkemampuan tinggi sudah mencapai hasil yang baik dalam pemahaman masalah dan membuat perencanaan, tetapi terdapat beberapa kesalahan perhitungan sehingga hasil akhir subjek kurang tepat. Sedangkan subjek koneksi matematika berkemampuan sedang menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal yang diberikan subjek cukup baik dalam pemahaman masalah, membuat perencanaan serta dalam melaksanakan rencana terdapat beberapa kendala. Subjek koneksi matematika berkemampuan rendah terdapat kendala dari tahapan membuat rencana, sehingga tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan di salah satu soal.


Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa profil kemampuan koneksi matematika dalam memecahkan soal open-ended untuk siswa yang berkemampuan tinggi sudah baik, sedangkan untuk siswa yang berkemampuan sedang dan rendah perlu ada peningkatan.


Kata kunci: Koneksi  matematika, open-ended, pemecahan soal, kemampuan matematika.              


 


Abstract


This study aims to describe the profile of mathematical connection ability is categorized into three abilities namely high, medium and low in terms of mathematical ability.


Mathematical connection ability described by the results of mathematical ability test and mathematical connection test. Test of mathematical connection capibilities modified from UNAS tests in 2013/2014 and 2014/2015. The described result of mathematical connection ability profile in the form of mathematical ability test sheet, mathematical connection test and subjects’ answer sheets.


From data analysis, the subject of high connection mathematical ability already achieved good results in understanding the problem and making plan, although there are some miscalculations  that affect subject’s  end result is less precise. While the subject of medium connection mathematical ability shows well enough in understanding the problem, making  plan also to implement the plan although there are several obstacles. Subject of low connection  mathematical ability faces  several obstacles in the stage of making plans caused the subject is not able to solve one of the given problems.


Based on data analysis, it can be concluded that the profile of the mathematical connection ability in solving open-ended problems for high-ability student is already good, whereas for medium and low ability student still needs  improvement.


Keywords: Mathematical Connection, Open-Ended, Problem-Solving, Mathematics Ability.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.