LEVEL GEOMETRI VAN HIELE SISWA SMP TUNAS BUANA SURABAYA

WAWAN bm

Abstract


Abstrak


Level geometri Van Hiele merupakan salah satu cara untuk mengetahui kemampuan berpikir siswa dengan pendekatan geometri. Van Hiele melevelkan kedalam 5 level yaitu level 0 (Visualisai), level 1 (Analisis), level 2 (Deduksi Informal), level 3 (Deduksi), dan level 4 (Rigor). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berfikir siswa menurut level geometri Van Hiele di SMP Tunas Buana Surabaya.


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metodenya menggunakan soal tes piligan ganda yang di adopsi dari disertasi Sunardi tahun 2005. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Tunas Buana Surabaya tahun pelajaran 2016/2017. Kemampuan berpikir siswa diperoleh berdasarkan hasil tes uji level geometri Van Hiele dengan menggunakan tabel pelevelan yang di ambil dari disertasi Sunardi tahun 2005.


Hasil penelitian menunjukan siswa yang termasuk kedalam level 2 geometri Van Hiele 1 orang, siswa yang termasuk kedalam level 1 geometri Van Hiele 6 orang, dan 31 orang termasuk kedalam level 0. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa 82% siswa masih dalam tahap level 0.


 


Kata Kunci: Level Geometri Van Hiele, Van Hiele, Kemampuan Berpikir, Geometri, Segiempat.


 


Abstract


Van Hiele Geometry level is a way to know student thinking capability using geometry approach.  Van Hiele levels these capabilities into 5 levels, they are level 0 (Visualization), level 1 (Analysis), level 2 (Informal Deduction), level 3 (Deduction), and level 4 (Rigor). The purpose of this research is to describe student’s level of thinking based on Van Hiele geometry level in SMP Tunas Buana Surabaya.


This research is descriptive qualitative research which uses multiple choices test that adopted from Sunardi’s dissertation in 2005 as the method. Research subject of this research is VIII A grade students of SMP Tunas Buana Surabaya, school year 2016/2017. Student thinking capability is obtained based on the result of Van Hiele geometry test using table of levels taken from Sunardi’s dissertation in 2005.


The research result shows that the student who included in Van Hiele geometry level 2 is 1 student, student who included in Van Hiele geometry level 1 is 6 students, and 31 students are included in level 0. Based on the explanation, it can be concluded that 82% of the students are still in level 0.


 Keywords: Level Geometri Van Hiele, Van Hiele, Thinking Capability, Geometry, Quadrangle.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.