PROFIL PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

BERLIN DWI RAHMAWATI bm

Abstract


Abstrak


Pengetahuan konseptual merupakan bagian penting dari pembelajaran matematika. Belajar matematika siswa harus menguasai pengetahuan konseptual agar soal-soal terkait dapat diselesaikan dan mampu mengaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pengetahuan konseptual siswa dalam menyelesaikan soal matematika.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII-A SMP Tunas Buana Surabaya tahun ajaran 2016/2017 kepada 4 siswa yang dijadikan subjek penelitian berdasarkan ragam jawaban yang dominan. Pengetahuan konseptual siswa dianalisis berdasrkan subtipe pengetahuan konseptual menurut taksonomi Bloom yaitu subtipe pertama yang terdiri dari klasifikasi dan kategori, subtipe kedua berupa prinsip dan generalisasi, serta subtype ketiga teori, model dan struktur. Dilakukan wawancara  kepada 4 siswa yang telah dipilih sebagai subjek penelitian untuk menggali lebih dalam tentang pengetahuan konseptual yang dimiliki dan digunakan dalam menyelesaian soal segitiga dan segiempat.


Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan konseptual yang dimunculkan siswa sebagai subjek penelitian beragam. Pengetahuan konseptual siswa tipe klasifikasi dan kategori memunculkan indiator menggolongkan jenis-jenis bangun datar dengan menyebutkan atau menggambarkan bangun datar tersebut sesuai ciri-ciri informasi yang disajikan. Pengetahuan konseptual siswa tipe prinsip dan generalisasi memunculkan indikator mengaitkan antara sejumlah pengetahuan atau informasi dasar tentang bangun datar dari yang disajikan, merangkum atau menyebutkan fakta-fakta yang spesifik dari suatu bangun datar yang disajikan dan menyelesaian permasalahan dengan proseur-prosedur dan informasi tentang bangun datar yang disajikan. Pengetahuan konseptual siswa tipe teori, model dan struktur memunculkan indikator mengaitkan antar fenomena bangun datar yang disajikan untuk mendapat kejelasan, Membuat rencana atau representasi untuk menyelesaikan suatu persoalan bangun datar, dan membuat susunan penyelesaian dari unsur-unsur bangun datar yang disajikan.


Kata Kunci: pengetahuan konseptual, klasifikasi dan kategori, prinsip dan generalisasi, teori, model dan struktur, segitiga dan segiempat.


 


 


Abstract


Conceptual Knowledge was an important part of mathematics learning. Students had to adjust conceptual knowledge to solve mathematics problems and applied it in daily context by using their knowledge and skills. This research has purpose to describe profile of students conceptual knowledge in mathematics problem solving.


This research was qualitative descriptive. The technique of collecting data used is written and interview test. This research has four students as a subjects, they were of class VII-A SMP Tunas Buana Surabaya academic year 2016/2017 based on the various answer that dominant. Conceptual knowledge of the students was analyzed based on the subtype of conceptual knowledge by Bloom Taxonomy which were classification and category, principle and generalization, also theory, model and structure. Researcher did interview with the subjects to know more about conceptual knowledge that had and used in solving the Triangle and quadrilateral problems.


Result of the research showed Conceptual Knowledge appeared by students’ as research subject were various. Conceptual Knowledge of students for the type of classification and category, shown indicator and grouping kinds of two dimensional figure by mention or drawing that two dimensional figure based on characteristics of the information presented. Conceptual knowledge of students for the type of principal and generalization shown an indicator associate between some knowledge or base information about two dimensional figure, summarize or mention specific facts from two dimensional figure which presented and solving the problem with the procedures and information on the two dimensional figure which presented. Conceptual knowledge of students for the type of theories, models, and structures shown an indicator associate between two dimensional figure which presented for clarity, Creating a plan or representation to solve a two dimensional figure problem, and making the completion arrangement of the two dimensional figure waking elements which presented.


Keywords: conceptual knowledge, classification and category, principle and generalization, theory, model, and structure, triangle and quadrilateral.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.