PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW YANG DIAWALI BRAIN GYM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 GRESIK

DWI RAHMAWATI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran, dan respon peserta didik.


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian One-Shot Case Study.  Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan tiga kali pertemuan pada tanggal 13, 18 dan 19 Mei 2017. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti dan peserta didik kelas VIII-I SMP Negeri 3 Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes.


Hasil dari penelitian ini ialah: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Aspek kemampuan guru yang mengalami peningkatan paling banyak ialah kemampuan membimbing peserta didik untuk menyimpulkan kembali apa yang telah dipelajari dan yang mengalami penurunan ialah aspek kemampuan menyampaikan tujuan pembelajaran, (2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diawali brain gym pada materi bangun ruang sisi datar tergolong dalam kategori aktif dengan rata-rata persentase aktivitas paling tinggi ialah aktivitas yang menunjukkan peserta didik dapat menghargai orang lain, (3) Hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diawali brain gym pada materi bangun ruang sisi datar dikategorikan tuntas dengan kentuntasan klasikal sebesar 93,75%. (4) Respon peserta didik dalam kategori positif. Respon peserta didik menunjukkan bahwa gerakan brain gym memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran matematika, peserta didik lebih memiliki tanggung jawab ketika belajar dalam kelompok, peserta didik lebih memilih belajar dalam kelompok dibandingkan belajar secara individu, peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw, dan peserta didik lebih mudah memahami serta mengingat materi apabila dalam pembelajaran digunakan LKPD yang membimbing peserta didik untuk menemukan konsep.


Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Brain Gym


 


Abstract


This study aims to describe the ability of teachers in learn managing, the activities of students during the learning process, the students achievement after following the learning, and the response of students.


The type of this research is descriptive research with One-Shot Case Study design. The data obtained in this research are qualitative and quantitative data. This research was conducted three meetings on 13, 18 and 19 May 2017. Sources of data in this study were researchers and students class VIII-I SMP Negeri 3 Gresik. Data collection was done by method of documentation and test method.


The results of this study are: (1) The ability of teachers in learn managing is included in the category very good. The most increase aspect of the teacher ability is to guide students to recapture what has been learned and the decrease aspect is the ability to convey the purpose of learning, (2) The students activity during the learning process with cooperative learning type Jigsaw which begins brain gym on the topic of geometry flat side grade VIII belong to the active category with the highest average percentage of activity is shows that students can appreciate the others , (3)  The students achievement categorized completely with classical completeness is 93,75 %, (4) Response of students in positive category. Student response indicates that the movement of brain gym give positive influence to learning mathematics, students have more responsibility when studying in group, students prefer to study in group than individualy, students more active in learning with cooperative learning type Jigsaw, and students more easily understand and remember the material if the learning is used LKPD guiding students to find the concept.


Keyword: Cooperative Learning Type Jigsaw, Brain Gym


 


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.