TAHAP BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN INFORMASI GAMBAR DAN VERBAL

NOVITA TARBIATIN NISWAH

Abstract


Abstrak


Pengajuan masalah menunjang berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tahap berpikir kreatif situasi semi terstruktur dalam mengajukan masalah matematika berdasarkan informasi gambar dan verbal. Tahap berpikir kreatif meliputi mensintesis ide, membangun ide, merencanakan ide, dan menerapkan ide. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak 4 siswa kelas VII SMP dengan kriteria masing-masing pada TBK 3 untuk informasi gambar dan informasi verbal serta TBK 4 untuk informasi gambar dan informasi verbal. Instrumen penelitian meliputi lembar tes pengajuan masalah matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan, bahwa subjek mengajukan masalah berdasarkan informasi gambar dan informasi verbal pada tahap mensistesis ide dapat membuat soal dengan memperhatikan situasi yang diberikan dengan lancar dan tidak ada kendala. Tahap membangun ide, subjek tidak menggunakan lebih dari satu materi dalam membuat soal. Tahap merencanakan penerapan ide, subjek memilih suatu ide dengan mempertimbangkan angka yang dianggap mudah dalam perhitungan. Tahap menerapkan ide, subjek mempertimbangkan kembali situasi yang diberikan sehingga subjek menghasilkan beberapa soal.


Kata kunci: Tahap berpikir kreatif, Pengajuan masalah, Gambar, Verbal


Abstract


Problems posing support creative thinking. This study is describe to creative thinking phase of semi structured situation in proposing mathematical problems based on picture and verbal information. Creative thinking process which include synthesis of ideas, generation of ideas, planning to apply the ideas, and the application of the ideas. Descriptive research with this qualitative approach using 4 students grade VII with each criteria on TBK 3 for picture and verbal information and TBK 4 for image and verbal information. This instrumen is consist of math problem posing test and interview guides. The ways of data analysis technique are reducting data, presenting data, and making conclusion.


The result of this research showed that the subject posed problems according to the picture and verbal based information on synthesis of ideas created the tasks by considering the given situation without any constraint. Generation of ideas phase, subject did not use more than one kind of material to produce the tasks. Planning to apply the ideas phase, subject chose an idea by considering the number which was easy to be calculated. The subject applied the idea by considering back the given situation so that the subject was able to produce several tests.


Keywords: Creative thinking phase, Problems’ posing, Picture, Verbal


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.