PENERAPAN MODIFIKASI APOS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP  

PUTRI EMY WULANDARI

Abstract


Abstrak


Prinsip pembelajaran pada kurikulum 2013 yang merujuk pada konsep pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan menuntut peserta didik mengonstruk pengetahuannya sendiri dengan bantuan guru sebagai fasilitator. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Modifikasi APOS (M-APOS) dalam membelajarkan materi peluang di kelas VIII SMP. Pembelajaran dengan model M-APOS adalah model pembelajaran yang  menuntun peserta didik mengonstruksi pengetahuannya sendiri dengan tahapan aksi, proses, objek dan skema. Pembelajaran dengan menerapkan M-APOS menggunakan siklus ADL (Aktivitas, Diskusi kelas, Latihan Soal).


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, hasil belajar setelah pembelajaran dan respon peserta didik setelah pembelajaran dengan M-APOS materi peluang. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-H SMP Negeri 1 Krian tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket.


Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh guru selama 3 kali pertemuan mengalami kenaikan pada pertemuan kedua dan penurunan pada pertemuan ketiga. Aktivitas yang dominan dilakukan guru adalah guru membimbing mengerjakan LKPD. Pada aktivitas peserta didik selama pembelajaran diperoleh aktivitas yang dominan dilakukan peserta didik adalah aktivitas membaca dan mengerjakan LKPD, sedangkan aktivitas diskusi kelas dan latihan soal belum maksimal. Hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas belajar, karena dengan KKM 78, ada 27 peserta didik yang tuntas dari 34 peserta didik di kelas VIII-H, sehingga diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 79%. Respon peserta didik dikatakan positif karena jumlah respon dengan kategori baik dan sangat baik yang diperoleh lebih dari 50%.


Kata kunci: M-APOS (Modifikasi APOS), konstruksi, peluang.


Abstract


Principle of learning in the 2013 curriculum that refers to the concept of learning centered on students and requires students to construct their own knowledge with the help of teachers as facilitators. This research used Modification of APOS (M-APOS) learning model for probability material in VIII class Junior High School. M-APOS learning model guiding students to constructs their own knowledge with this steps: action, process, object, and scheme. This learning process also used ACE cycle (Activity, Class discussion, Exercise)


This research is a descriptive research with the aim of describing the management of teachers during learning process, students activities during learning process, learning outcomes after learning process and the response of students after learning process with M-APOS probability material. This research was conducted in class VIII-H SMP Negeri 1 Krian 2016/2017 academic year. Data collection methods used are observation, test and questionnaire.


Based on the result of this research, the observation of the teacher management in three times of learning process, has been increased on second learning process and decreased on third learning process. The dominant activity of the teacher is guiding the students to do on LKPD. There are most activity of the students is reading and do LKPD, while the activity of class discussions and exercise questions has not been maximized. The students learning outcomes has been completed, because with the minimum criteria completed at least 78, there are 27 completed students from 34 students in class VIII-H, so that obtained 79% classical completeness. The students response include positive because the total of good and excellent responses category reached more than 50%.


Keywords: M-APOS (Modified APOS), construction, probability.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.