PROFIL PEMECAHAN MASALAH PERTIDAKSAMAAN EKSPONEN PADA SISWA KELAS X DITINJAU BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA

REGIKA ALTA DEWI

Abstract


Abstrak


Pemecahan masalah merupakan upaya individu untuk mengatasi halangan ketika suatu jawaban belum tampak jelas. Kemampuan matematika adalah kemampuan yang dibutuhkan siswa untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berpikir, menalar, dan memecahkan masalah matematika. Salah satu penyebab perbedaan kemampuan matematika karena cara pemecahan masalah siswa yang berbeda-beda. Langkah-langkah pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemecahan masalah Polya yang meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali solus yang diperoleh.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa kelas X berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada materi pertidaksamaan eksponen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan wawancara. Dalam penelitian ini digunakan tiga siswa kelas X sebagai subjek penelitian yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu reduksi data, validasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian yang valid, dalam penelitian ini digunakan pemilihan subjek menggunakan variasi maksimum.


Hasil penelitian subjek pada tes pemecahan masalah pertidaksamaan eksponen menunjukkan bahwa: Subjek kemampuan matematika tinggi melalui semua langkah pemecahan masalah Polya yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan masalah, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah, (4) memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Untuk subjek kemampuan matematika sedang, hanya melalui langkah pemecahan masalah Polya pertama, kedua, dan ketiga. Sedangkan untuk subjek kemampuan matematika rendah, hanya melalui langkah pemecahan masalah Polya pertama dan kedua.


Kata Kunci: pemecahan masalah, pertidaksamaan eksponen, kemampuan matematika.


 


Abstract


Problem solving is an individual effort to overcome obstacles when an answer is not clear. Mathematical ability is the ability that students need to perform various activities such as thinking, reasoning, and solving math problems. One of the causes of different mathematical abilities is the way students used in solving different problems. The troubleshooting steps used in this study are Polya problem solving which are understanding the problem, planning the way to solve problem, implementing the planned way and re-examining the obtained solution.


This study aimed to describe the problem solving profile of students grade X with high, medium, and low in mathematical ability on exponential inequality lesson. This research is discriptive research with qualitative approach. Data collection techniques in this study are provising the test and interview. In this study, there are 3 students of grade X as research subjects with  high, medium, and low in mathematical ability. Data analysis in this research is done by steps, that is data reduction, data validation, data presentation and conclusion. Meanwhile, to obtain valid research data, in this study used the selection of subjects using maximum variation.


In relation to the research objectives that have been presented, the results of the subject’s research on the problem solving experimental inequality test show that: Subject with high matematical ability from all of the steps of solving problem there is for (1) understanding the problem, (2) devising a plan, (3) carrying out the plan, (4) looking back. For the subject with medium mathematical ability from all of the steps of solving problem there is for first, second, and third. For the subject with low mathematical ability from all of the steps of solving problem there is for first and second.


Keywords: problem solving, inequality of exponents, mathematical ability


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.