PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED BERDASARKAN GAYA BERPIKIR STERNBERG MENURUT FUNGSINYA

LULUK BUDI LESTARI, MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract


Abstrak

Berpikir kreatif adalah proses yang digunakan ketika kita mencetuskan banyak gagasan atau ide, mengahsilkan strategi atau cara yang bervarisai, mengemukakan hasil pemikirannya sendiri, mengembangkan dan memperinci suatu gagasan atau ide serta menciptakan sesuatu yang baru dalam memecahkan atau mengajukan sebuah masalah. Salah satu untuk mengetahui proses berpikir kreatif yaitu melalui pemecahan masalah matematika open ended. Dalam memecahkan sebuah masalah dipengaruhi oleh gaya berpikir, selain itu gaya berpikir berkaitan erat dengan kreativitas. Gaya berpikir yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu legislatif, eksekutif, dan judisil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika open ended berdasarkan gaya berpikir Sternberg menurut fungsinya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dengan gaya berpikir legislatif, eksekutif, dan judisil. Masing- masing subjek sejumlah satu dan memiliki kemampuan matematika setara. Indikator berpikir kreatif yang digunakan adalah indikator berpikir kretaif Guilford dan tahap pemecahan masalah yang digunakan adalah pemecahan masalah milik Polya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil berpikir kreatif siswa legislatif, eksekutif, dan judisil berbeda. Siswa legilslatif memenuhi indikator penguraian, kelancaran, keluwesan, dan keaslian. Subjek eksekutif memenuhi indikator penguraian, keluwesan, dan keaslian. Siswa judisil memenuhi indikator penguraian, keluwesan, keaslian, dan perumusan.

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Memecahkan Masalah, Open Ended, dan Gaya Berpikir Sternberg

Abstract

Creative thinking is a process used when we produce many ideas, produce variation strategies, use of his own thinking, develop and explain an idea with detail and create something new in solving or proposing a problem. One way to know creative thinking process is through the solution of open ended mathematics problem. In solve the problems is influenced by their thinking style and thinking style related with creativity. Thinking style in this research is legislative, executive, and judicial style. This research aimed to describe profile of student’s creative thinking to solve open-ended mathematics problem based on Sternberg’s thinking style according its function.

This research is descriptive qualitative that use test and interview. Subject in this research is student who have legislative, executive, and judicial thinking style. Every subject have same mathematics ability. Creative thinking indicator that used is Guilford’s indicator and problem solving phase that used is Polya problem solving.

The result of this research shows that creative thinking profile of legislative, executive, and judicial student is different. Legislative student meet the indicators elaboration, fluency, flexibility, and originality. Executive student meet the indicators elaboration, fluency, and originality. And judicial student meet the indicators elaboration, fluency, originality, and redefinition

Keywords: Creative Thinking, Problem Solving, Open Ended, and Sternberg Thinking Style.









Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.