PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI PECAHAN UNTUK KELAS V SD

RAHAYU Budi BUDI ASTUTI

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efisiennya cara untuk mengidentifikasi kesulitan siswa. Padahal dalam dunia pendidikan, sangat penting bagi seorang pendidik untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswanya agar siswa tersebut benar-benar mencapai belajar tuntas. Salah satu cara untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa adalah dengan menggunakan tes diagnostik. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan tes diagnostik berbasis komputer. Tes diagnostik ini dikembangkan guna mengidentifikasi kesulitan siswa pada materi pecahan. Adapun alasan peneliti memilih materi pecahan dikarenakan berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan salah satu guru matematka, materi pecahan merupakan salah satu materi matematika yang menyebabkan banyak siswa belum mencapai belajar tuntas.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes diagnostik berbasis komputer pada materi pecahan yang valid, praktis dan efektif. Adapun kriteria valid, praktis, serta efektif pada penelitian ini mengacu pada kriteria valid, praktis dan efektif yang dikemukakan oleh Nieveen(1999). Data pada penelitian ini diperoleh dari penilaian para ahli serta angket respons guru serta siswa terhadap tes diagnostik berbasis komputer yang dikembangkan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik berbasis komputer yang dikembangkan peneliti memenuhi aspek valid dengan nilai rata-rata 3,41, memenuhi aspek praktis berdasarkan penilaian dari para ahli serta respons sangat kuat dari guru dan siswa mengenai kemudahan penggunaan tes diagnostik berbasis komputer, memenuhi aspek efektif berdasarkan kesesuaian antar hasil tes dengan tujuan tes serta respons kuat guru dan siswa mengenai keefektifan dari tes diagnostik berbasis komputer.
Peneliti menyarankan agar tes diagnostik berbasis komputer ini digunakan sebagai alternatif bagi guru matematika untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa pada materi pecahan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.