PROFIL KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED MATERI PECAHAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA

YURIZKA Melia MELIA SARI

Abstract


Pemecahan masalah merupakan
kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa dalam
belajar matematika. Untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah, guru harus
memberikan masalah non rutin. Masalah
matematika open-ended merupakan masalah non
rutin yang dapat digunakan untuk meningkatkan
kemampuan matematika siswa yang beragam, baik
siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, atau
rendah.
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan
untuk mendeskripsikan profil kemampuan siswa
SMP kelas VII dalam memecahkan masalah
matematika open-ended pada materi pecahan
berdasarkan kemampuan matematika siswa. Untuk
mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan
wawancara terhadap 3 siswa yang merupakan
subjek penelitian siswa-siswi kelas 7 Sekolah
Menengah Pertama mengenai kemampuan siswa
dalam memecahkan masalah matematika openended
dengan melakukan tes kemampuan
sebelumnya. Tiga siswa tersebut terdiri atas siswa
berkemampuan tinggi, sedang, atau rendah.
Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan triangulasi waktu. Kemudian
disusunlah profil kemampuan siswa berdasarkan
tahap pemecahan masalah Polya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.