PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

MEYRNI PRIANGKA TANJUNG, PRADNYO WIJAYANTI

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang ditinjau berdasarkan perbedaan jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 22 Surabaya. Untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang menyajikan soal kontekstual yang selanjutnya hasil penyelesaian siswa akan dipilih berdasarkan jawaban sesuai dengan pedoman jawaban serta memilih subjek yang memenuhi kriteria yaitu mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik untuk diwawancarai. Data yang diperoleh menghasilkan proses berpikir siswa laki-laki lebih mudah memahami masalah yang disajikan dibandingkan perempuan, sedangkan dalam menyimpan dan memanggil kembali informasi dan pengetahuan siswa perempuan lebih mudah dibanding siswa laki-laki.

Kata Kunci: Proses berpikir, masalah kontekstual, jenis kelamin



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.