PENALARAN GENERALISASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI BARISAN BILANGAN DITINJAU BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN

VIARA NOVITA SUCI RIZKIYAH, ENDAH BUDI RAHAJU

Abstract


Penalaran generalisasi adalah proses berpikir untuk menarik kesimpulan umum dari hasil analisa suatu pola, data, dan fakta yang ada. Penalaran sangat erat kaitannya dengan kepribadian, karena penalaran merupakan aktivitas berpikir dalam pengambilan kesimpulan. Sedangkan kepribadian berhubungan dengan sikap dan prilaku yang dilakukan dalam pengambilan kesimpulan. Penalaran generalisasi banyak ditemukan pada materi barisan bilangan yaitu merumuskan dugaan dan menggeneralisasikan suku ke-n dari suatu barisan bilangan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran generalisasi siswa SMP bertipe kepribadian koleris, sanguinis, flegmatis, dan melankolis dalam memecahkan masalah pada materi barisan bilangan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 26 Surabaya dengan masing-masing satu subjek bertipe kepribadian koleris, bertipe kepribadian sanguinis, bertipe kepribadian flegmatis, dan bertipe kepribadian melankolis. Keempat subjek memiliki kemampuan matematika setara. Data dianalisis berdasarkan hasil tes kemampuan matematika, tes tipe kepribadian, tes pemecahan masalah pada materi barisan bilangan, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa koleris kurang menunjukkan proses mempersepsi atau mengidentifikasi pola, menentukan struktur/data/gambaran/suku berikutnya. memformulasikan keumuman secara simbolis dan menggunakan hasil generalisasi untuk menyelesaikan masalah jika pola tergambar jelas pada masalah. 2) siswa sanguinis menunjukkan proses mempersepsi atau mengidentifikasi pola jika pola tergambar jelas pada masalah, menentukan struktur/data/gambaran/suku berikutnya, memformulasikan keumuman secara simbolis dan menggunakan hasil generalisasi untuk menyelesaikan masalah jika pola tergambar jelas pada masalah. 3) siswa flegmatis menunjukkan proses mempersepsi atau mengidentifikasi pola jika pola tergambar jelas pada masalah, menentukan struktur/data/gambaran/suku berikutnya, memformulasikan keumuman secara simbolis, menggunakan hasil generalisasi untuk menyelesaikan masalah. 4) siswa melankolis menunjukkan proses mempersepsi atau mengidentifikasi pola, menentukan struktur/data/gambaran/suku berikutnya, memformulasikan keumuman secara simbolis dan menggunakan hasil generalisasi untuk menyelesaikan masalah.

Kata Kunci : Penalaran Generalisasi, tipe kepribadian, memecahkan masalah






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.