IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TIPE MULTIPLE SOLUTION TASK (MST)

MIRANDA AYU SARASWATI, ENDAH BUDI RAHAJU

Abstract


Berpikir tingkat tinggi mendapat perhatian yang cukup besar dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kebijakan pemerintah yang menekankan pengembangan berpikir-tingkat tinggi, salah satunya yaitu berpikir kreatif. Pembelajaran matematika di sekolah memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Salah satu cara untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan pemberian multiple solution task (MST) yang merupakan suatu tugas yang diberikan pada siswa untuk menemukan banyak cara penyelesaian dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah tipe multiple solution task.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelasnVIII E SMP Negeri 1 Tuban tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes pemecahan masalah tipe multiple solution task dengan materinSPLDV. Hasil tes pemecahan masalah dianalisis menggunakan scoring scheme dan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) yang terdiri dari TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3 (kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif) dan TKBK 0 (tidak kreatif).

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada siswa (0%) yang termasuk dalam TKBK 4 (sangat kreatif), 7 siswa (21,87%) yang termasuk dalam TKBK 3 (kreatif), 2 siswa (6,25%) yang termasuk dalam TKBK 2 (cukup kreatif), 11 siswa (34,37%) yang termasuk dalam TKBK 1 (kurang kreatif) dan 12 siswa (37,5 %) yang termasuk dalam TKBK 0 (tidak kreatif).

Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Multiple Solution Task (MST).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.