PENGEMBANGAN STUDENT’S WORKSHEET DENGAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

FARIDHATUN NASIKA

Abstract


Teorema Pythagoras perlu diajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing agar menjadi lebih bermakna bagi siswa, dan berbahasa Inggris sesuai asas RSBI. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbahasa Inggris dengan model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi Teorema Pythagoras yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Plomp (tanpa fase implementasi). Instrumen penelitian antara lain lembar validasi LKS, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan lembar soal pre-test dan post-test. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trenggalek tahun ajaran 2011/2012.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS baik. LKS valid (rata-rata total validitas 3,55). LKS praktis (validator menyatakan LKS dapat digunakan, dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 3,29. LKS efektif (100% siswa memperoleh peningkatan nilai dari pre-test ke post-test dengan peningkatan nilai rata-rata 41,3, serta respons siswa positif).

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.