PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN PMR PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMPN 2 KEPOHBARU BOJONEGORO

WAHYHU PRASETYO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan PMR pada materi lingkaran, dan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan PMR pada materi lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat menurut Thiagarajan, tanpa tahap penyebaran. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIII-B SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 22 orang. Pada penelitian ini, data diperoleh dari hasil validasi oleh para validator, hasil pengerjaan siswa pada soal tes hasil belajar, dan pengisian angket respon siswa.
Berdasarkan hasil analisis diperolah bahwa proses pengembangan LKS mengacu pada model menurut Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Hasil pengembangannya adalah LKS dengan pendekatan PMR pada materi lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.