METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

YULY Dwi DWI LESTARI

Abstract


Dalam kaitannya dengan pemecahan masalah matematika, pengetahuan berbagai strategi belajar merupakan hal yang penting untuk diketahui siswa. Strategi metakognisi merujuk kepada cara untuk meningkatkan kesadaran mengenai proses berpikir dan pembelajaran yang berlaku. Kemampuan memecahkan masalah matematika dengan berbagai macam cara yang berbeda juga dipengaruhi oleh gaya kognitif. Salah satu gaya kognitif tersebut adalah gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif reflektif dan 2 siswa bergaya kognitif impulsif. Hasil tes MFF menunjukkan 18 siswa bergaya kognitif reflektif dan 10 siswa bergaya kognitif impulsif. Siswa bergaya kognitif reflektif melakukan aktivitas metakognisi yang meliputi mengembangkan perencanaan, memonitor pelaksanaan, dan mengevaluasi tindakan yang ditunjukkan dengan adanya indikator yang terpenuhi pada masing-masing aktivitas metakognisi. Siswa bergaya kognitif impulsif belum melakukan semua aktivitas metakognisi yang meliputi mengembangkan perencanaan, memonitor pelaksanaan, dan mengevaluasi tindakan yang ditunjukkan dengan adanya indikator yang belum terpenuhi pada beberapa aktivitas metakognisi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.