EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT SIDOARJO

INDA RACHMAWATI

Abstract


Budaya adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, karena budaya merupakan kesatuan utuh dan menyeluruh yang berlaku dalam suatu komunitas, termasuk Sidoarjo. Ini memungkinkan adanya konsep-konsep matematika yang tertanam dalam praktek-praktek budaya dan mengakui bahwa semua orang mengembangkan cara khusus dalam melakukan aktivitas matematika disebut etnomatematika.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo dengan jenis penelitian eksplorasi serta pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 8 juru kunci candi dan prasasti, 2 penjual gerabah dan peralatan tradisional, 1 penjual buah-buahan, 2 penjual ikan, 1 pengepul ikan, 1 pejabat Dinas Pertanian, seorang penyuluh pertanian, 2 pengusaha batik tulis, 1 pengusaha kain bordir, serta 3 anak yang sedang memainkan permainan tradisional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanpa mempelajari konsep matematika, masyarakat Sidoarjo telah menerapkan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan sehari-harinya menggunakan etnomatematika. Terbukti adanya konsep-konsep matematika yang terkandung dalam bangunan candi dan prasasti, satuan lokal masyarakat Sidoarjo, bentuk geometri gerabah tradisional, motif kain batik dan bordir, serta permainan tradisional masyarakat Sidoarjo.
Peneliti menyarankan hasil penelitian ini untuk: (a) dijadikan ide alternatif pembelajaran matematika di luar kelas, (b) dikenalkan pada pembelajaran matematika formal sebagai modal awal mengajarkan konsep matematika kepada siswa, (c) dijadikan bahan rujukan untuk menyusun soal pemecahan masalah matematika kontekstual.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.