PROFIL KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN INFORMASI VERBAL DAN GAMBAR

ARI SANDI SETIAWAN, TATAG YULI EKO SISWONO

Abstract


Abstrak

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan mengajukan masalah adalah melalui pengajuan masalah, karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuan yang sedang dipelajari dan memahami soal yang sedang dikerjakan. Pengajuan masalah dalam hal ini intinya meminta siswa untuk mengajukan soal yang dibuatnya berdasarkan situasi atau informasi yang diadakan kemudian mengerjakan soal tersebut dan mendiskusikannya di dalam kelas.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di kelas VII-A SMP Al-Ahmad Sidoarjo. Analisis data hasil tes mengajukan masalah berdasarkan kualitas soal yang diajukan. Berdasarkan hasil tes pengajuan masalah matematika, siswa diberikan masalah matematika berdasarkan jenis informasi verbal dan gambar. Dari 13 siswa, terdapat 8 siswa yang mampu mengajukan masalah berdasarkan informasi verbal. Kemudian, terdapat 1 siswa dapat mengajukan masalah berdasarkan informasi gambar. Berdasarkan hasil tes tersebut terpilih 1 siswa yang mampu mengajukan masalah berdasarkan informasi verbal dan gambar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengajuan masalah berdasarkan informasi verbal terdapat 75% soal terkait materi dan 25 % tidak terkait materi, 61,5% soal yang dapat dipecahkan dan 38,5% tidak dapat membuat soal, 12,5% soal mudah, 87,5% soal sedang, 0% soal sulit, 100% jawaban benar. Sedangkan dalam pengajuan masalah berdasarkan informasi gambar terdapat 100% soal yang berkaitan materi, 7,7% soal dapat dipecahkan, 92,30% tidak dapat membuat soal, 100% soal sedang, dan 100% jawaban benar.

Kata kunci: Kemampuan siswa, Pengajuan masalah, Gambar,Verbal.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.