PEMBELAJARANMATEMATIKA DENGANMETODE SILIH TANYA PADAMATERI POKOK LINGKARAN

NUR CHOLISAH

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang pada
umumnya tidak disukai oleh siswa. Sehingga dalam
proses pembelajaran, siswa kurang terlibat aktif dan
masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu, perlu
diterapkan suatu metode yang melibatkan siswa
secara aktif dalam pembelajaran, salah satunya
yaitu metode silih tanya antar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran,
aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil belajar
serta respon siswa setelah pembelajaran dengan
metode silih tanya. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah one-shot case study dengan
subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-H MTs
Negeri Bangkalan pada tahun ajaran 2011-2012 dan
guru.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
adalah baik dengan rata-rata keseluruhan 3,03.
Aktivitas siswa yang paling dominan adalah
memperhatikan/mendengarkan penjelasan guru atau
siswa lain, secara keseluruhan aktivitas siswa
tergolong aktif dengan persentase 63,09%. Hasil
belajar secara klasikal tidak tercapai dengan
persentase ketuntasan siswa 45,45%. Respon siswa
adalah positif dengan persentase 89,68%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.