PENGARUH KECEMASAN SISWA PADA MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

MUTIATUS SOLIKAH

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya perolehan hasil belajar matematika di SMP. Keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi belajar matematika di sekolah dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain kecemasan siswa pada matematika dan motivasi belajar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan siswa pada matematika dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dawarblandong, Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dawarblandong, Mojokerto. Pemilihan sampel menggunakan teknik “cluster random sampling”. Setelah dilakukan teknik pengambilan tersebut yang menjadi sampel adalah kelas VIII-A. Instrumen pengumpulan data adalah menggunakan angket dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dari uji independensi diperoleh kecemasan siswa pada matematika mempunyai hubungan dengan prestasi belajar matematika dan motivasi belajar mempunyai hubungan dengan prestasi belajar matematika. 2) Dari uji linieritas diperoleh antara kecemasan siswa pada matematika dan prestasi belajar matematika beregresi linier serta antara motivasi belajar dan prestasi belajar matematika juga beregresi linier. 3) Dari analisis regresi diperoleh bahwa kecemasan siswa pada matematika dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan koefisien determinannya sebesar 37,3%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.