PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KARTU ARISAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

PUSPA Tri TRI MEGANTOROWATI

Abstract


Guru dituntut mampu membangun motivasi siswa, mengusahakan agar siswa mau mempelajari materi-materi yang diharapkan untuk mempelajarinya. Mengingat pentingnya penguasaan terhadap bidang studi matematika, alternatif tindakan untuk memperbaiki kondisi mental siswa dan hasil belajar siswa terhadap bidang studi matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar angket motivasi belajar siswa dan data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui soal tes tulis. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan pada materi perbandingan trigonometri sudut berelasi termasuk kriteria sangat tinggi dengan persentase 85% dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan pada materi perbandingan trigonometri sudut berelasi dinyatakan tuntas secara klasikal sebesar 90%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.