PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS IX PADA MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF IMPULSIF DAN REFLEKTIF

KHUSNUL KHOTIMAH, ENDAH BUDI RAHAJU

Abstract


Abstrak

Pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Pemecahan masalah merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika karena pemecahan masalah dapat meningkatkan kekuatan menalar dan melatih berpikir kritis, logis, dan kreatif siswa. Berdasarkan hasil ujian nasional SMP/MTs tahun 2014/2015, kemampuan pemacahan masalah siswa di Indonesia masih tergolong rendah khususnya pada materi Pythagoras. Hal ini dikarenakan ketidakpahaman siswa terhadap rumus Pythagoras. Dalam memecahkan masalah tentunya ada siswa yang menyelesaikan dengan cepat dan ada juga menyelesaikan dengan lambat. Hal ini disebabkan karena siswa memiliki perbedaan gaya kognitif. Gaya kognitif yang menunjuukkan tempo atau kecepatan berpikir adalah gaya kognitif impulsif dan reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMP yang berkaitan dengan Pythagoras ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan reflektif.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa SMP pada masalah yang berkaitan dengan Pythagoras ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan reflektif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-J, SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2017-2018 semester gasal. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa yaitu siswa yang memiliki gaya kogitif impulsif dan siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif melakukan tahapan pemecahan masalah yakni memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah namun tidak melakukan pemeriksaan kembali. Sedangkan siswa reflektif melakukan semua tahapan pemecahan masalah yakni memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah dan melakukan pemeriksaan kembali.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.