PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENYAMPAIKAN MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN

BEICHRUL IDZANA, SUSANAH

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari. Materi kesebangunan dan kekongruenan merupakan salah satu ilmu dasar geometri yang harus dimiliki siswa pada jenjang sekolah menengah pertama dalam mata pelajaran matematika. Pada materi kesebangunan dan kekongruenan kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan yang ada. Hal ini dikarenakan geometri berkaitan dengan benda-benda yang hanya dapat dipikirkan dan hal ini bersifat abstrak, sedangkan tingkat perkembangan siswa masih berpikir secara kongkret. Selain itu, siswa kurang mampu dalam mengaitkan antar konsep dalam matematika sehingga sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 untuk menyampaikan materi kesebangunan dan kekongruenan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan objek penelitian yakni media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 untuk menyampaikan materi kesebangunan dan kekongruenan. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas IX-E SMPN 1 Dlanggu tahun ajaran 2017/2018 semester gasal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap. Meliputi: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation.

Hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan persentase sebesar 85,08% respon siswa sangat positif sesuai dengan kriteria respon siswa dan tingkat keberhasilan siswa dalam kelas sangat tinggi, yakni mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 89,66%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh media pembelajaran sangat besar, terlebih lagi dalam menyampaikan materi geometri yang hanya dapat dipikirkan dan bersifat abstrak. Sehingga siswa dapat menyerap materi pembelajaran dengan lebih optimal.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.