PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAN JENIS KELAMIN

FIRMALIA FIRDAUSI WIDYA PUTRI, MASRIYAH

Abstract


Abstrak

Penalaran merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika. Penalaran sebagai proses berpikir dipengaruhi banyak faktor antara lain tipe kepribadian dan jenis kelamin. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan tipe kepribadian dan jenis kelamin.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat siswa kelas VII SMPN 1 Tanjunganom tahun ajaran 2017-2018 yaitu satu siswa laki-laki berkepribadian introvert, satu siswa perempuan berkepribadian introvert, satu siswa laki-laki berkepribadian ekstrovert, dan satu siswa perempuan berkepribadian ekstrovert dengan kemampuan matematika setara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Kemampuan penalaran dianalisis dengan berdasarkan indikator yang digunakan peneliti yaitu (1) menghubungkan unsur-unsur dalam permasalahan; (2) mengajukan dugaan; (3) melakukan manipulasi matematika; (4) menarik kesimpulan; (5) memeriksa kesahihan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek mampu menghubungkan unsur-unsur dalam permasalahan dan mengajukan dugaan, tetapi tidak mampu melakukan manipulasi matematika dan menarik kesimpulan. Keempat subjek melakukan kesalahan dalam melakukan manipulasi matematika sehingga bepengaruh pada kesimpulan yang dibuat oleh keempat subjek. Perbedaan antara keempat subjek terlihat pada indikator kelima, yaitu memeriksa kesahihan. Pada indikator memeriksa kesahihan, subjek berkepribadian introvert baik laki-laki maupun perempuan mampu memeriksa kesahihan sedangkan subjek berkepribadian ekstrovert baik laki-laki maupun perempuan tidak mampu memeriksa kesahihan.

Kata kunci: Penalaran, Kemampuan Penalaran, Masalah Matematika, Tipe Kepribadian, Jenis Kelamin.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.