Literasi Matematika Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Disposisi Matematis

RIZQIE PUSPITA MAYASARI, IKA KURNIASARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari disposisi matematis. Analisis data berdasarkan indikator literasi matematika pada proses merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa subjek dengan disposisi matematis tinggi tidak mudah menyerah dan percaya diri dalam menyelesaikan soal. Subjek memahami permasalahan yang disajikan, menjabarkan proses menemukan penyelesaian, dan mengevaluasi kesesuaian solusi ke permasalahan awal. Subjek dengan disposisi matematis sedang cukup percaya diri dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan soal. Subjek memahami permasalahan yang disajikan dan mengevaluasi kesesuaian solusi ke permasalahan awal. Subjek dengan disposisi matematis rendah kurang percaya diri dan mudah menyerah dalam menyelesaikan soal. Subjek tidak menyelesaikan soal yang memerlukan pengambilan keputusan dari hasil penyelesaiannya, serta yang menggunakan pemikiran dan penalaran luas namun bukan berarti subjek tidak melalui proses literasi matematika karena pada saat wawancara subjek mampu mengidentifikasi aspek yang penting dari soal. Subjek juga mengetahui cara penyelesaian dan mengevaluasi hasil yang didapatkannya. Hal ini membuktikan bahwa subjek sebenarnya juga melalui proses literasi matematika.

Kata kunci: Literasi matematika, soal PISA, disposisi matematis.

This study aimed to describe the mathematics literacy of grade VIII students in completing PISA questions in terms of mathematical dispositions. Data analysis based on mathematical literacy indicators in the process of formulating problems, applying concepts, and translating the results of solution. The results showed that subjects with high mathematical dispositions were not easy to give up and were confident in solving problems. Subject could understand the problems that served, described the process to found its solution, and evaluated each suitable solution of the initial problems. Subjects with a mathematical disposition are quite confident and not easy to solve the problem. Subject understood the problems that served and in accordance with the suitability of the initial solution. Subjects with low mathematical dispositions like to be confident and easily find problem solving. Subjects could not solve the questions and decision of the completion results, also those who used ideas and wide reasoning but that does not mean the subject was not through the mathematical literacy process, because at the interview the subject was able to understand the important aspect from the problems. The subject also understood how to complete and evaluated the results obtained. This proved that the subject was actually also through the process of mathematical literacy.

Keyword: Mathematical literacy, problem of PISA, mathematical disposition.






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.