Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bola di Kelas IX SMPN 37 Surabaya

ADELINA TAMBUNAN, ABADI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran discovery learning pada materi luas permukaan dan volume bola di kelas IX SMPN 37 Surabaya yang ditinjau dari 4 aspek yaitu: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa.

Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IX – A SMPN 37 Surabaya tahun ajaran 2018 – 2019. Sedangkan, subjek untuk pengamatan aktivitas siswa dilakukan pada satu kelompok yang terdiri dari 8 siswa. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah “One-Shot Case Study”. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan angket.

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning pada materi luas permukaan dan volume bola di kelas IX – A SMPN 37 Surabaya adalah efektif dengan terpenuhinya semua aspek yaitu: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mendapatkan nilai rata – rata 3,71 atau dikategorikan baik; (2) Aktivitas siswa yang aktif dalam proses menggunakan model pembelajaran discovery learning, dengan aktivitas siswa yang memperoleh persentase terbesar yaitu “memberikan pendapat dalam diskusi kelompok/kelas” dan “aktif memberikan saran dalam diskusi kelompok/kelas"; (3) Hasil belajar siswa dikatakan tuntas secara klasikal dengan persentase sebesar 87,17% dimana hasil belajar 5 siswa dari 39 siswa tidak tuntas; dan (4) Respons siswa termasuk dalam kategori positif karena perolehan kategori positif pada angket respons mencapai lebih atau dari sama dengan 70%.

Kata Kunci : Keefektifan Pembelajaran, Model Pembelajaran Discovery Learning, Luas Permukaan dan Volume Bola.

Abstract

This study is a descriptive research. The aims were to describe the effectiveness of discovery learning model on the surface area and volume of a sphere in ninth grade, State Junior High School 37 Surabaya based on 4 aspects namely: teacher’s classroom management, students’ activities, students’ achievement, and students’ responses.

The subjects of this research were a teacher and students of class IX – A, State Junior High School 37 Surabaya of the school year 2018–2019. The subjects of students’ activities were one group consisting of eight students. The research design was One-Shot Case Study. The data collection techniques were observations, test, and questionnaires.

Based on the research, it was concluded that discovery learning model on the surface area and volume of a sphere in class IX – A, State Junior High School 37 Surabaya was effective due to the good results in all aspects namely: (1) The teacher’s classroom management was categorized as good with the score 3,71; (2) The students’ activities were active during the implementation of discovery learning model with the largest percentages of students’ activities were “giving opinions in group/class discussions” and “actively giving advices in group/class discussions”; (3) The students’ achievement was good due to the percentage of classical completeness was 87,17%; and (4) The students’ responses were good due to the result of the favourable questions was more than 70%.

Keywords: The Effectiveness of Learning, Discovery Learning Model, the Surface Area and Volume of a Sphere







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.