IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

AHMADI

Abstract


Matematika merupaka Salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu siswa harus bisa meningkatkan keterampilan berpikirnya. Salah satunya adalah berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah dilihat dari kemampuan matematika siswa. Sedangkan instrument dalam penelitian ini adalah tes pemecahan soal matematika, dan pedoman wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan kelas VIII-A SMP Negeri 6 Sampang dengan rincian satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan berkemampuan tinggi, satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan berkemampuan sedang, satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan berkemampuan rendah. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan siswa laki-laki berkemampuan tinggi diidentifikasi mempunyai tingkat berpikir kreatif 4 (sangat kreatif). Siswa laki-laki berkemampuan sedang diidentifikasi mempunyai tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif). Siswa laki-laki berkemampuan rendah diidentifikasi mempunyai tingkat berpikir kreatif 0 (tidak kreatif). Siswa perempuan berkemampuan tinggi diidentifikasi mempunyai tingkat berpikir kreatif 4 (sangat kreatif). Siswa perempuan berkemampuan sedang diidentifikasi mempunyai tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif). Siswa perempuan berkemampuan rendah diidentifikasi mempunyai tingkat berpikir kreatif 1 (kurang kreatif).


Kata kunci : Identifikasi, tingkat berpikir kreatif, memecahkan masalah, persamaan garis lurus.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.